<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA"^^ . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA\r\nOleh:\r\nMAIWAN PUTRA KIHANGGARA\r\n08504244027\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan\r\nuntuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar\r\nOtomotif (DDO) dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta; (2) meningkatkan\r\nprestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO) dengan\r\nmetode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions\r\n(STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran\r\nyang digunakan adalah dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student\r\nTeams Achievement Divisions (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa\r\nkelas 1 Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 di SMK Piri 1 Yogyakarta yang\r\nberjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun\r\najaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan beberapa siklus. Setiap siklus yang\r\ndilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu; (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan;\r\n(3) Pengamatan; (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data tentang kegiatan guru\r\ndan keaktifan siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO)\r\nmenggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil obsevasi\r\nkeaktifan siswa dihitung persentasenya dengan membandingkan jumlah siswa\r\nyang beraktivitas dengan jumlah seluruh siswa dan jumlah aktivitas siswa. Untuk\r\nmengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan tes tertulis berupa\r\npostest pada tiap siklus. Hasil tes tiap siklus dihitung rata-rata dan ketuntasan\r\nhasil belajar sesuai dengan KKM, kemudian membandingkan hasil tiap siklusnya.\r\nPenelitian tindakan selesai setelah jumlah siswa yang tuntas belajar ≥ 75%.\r\nDari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode\r\npembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)\r\nmemberikan peningkatan terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata\r\npelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO). Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata\r\nnilai postest; nilai rata-rata pada siklus I sebesar 7,0 dengan ketuntasan belajar\r\nsebesar 29,17% dan persentase aktifitas 42,36%; pada siklus II nilai rata-rata\r\nsebesar 7,5 dengan ketuntasan belajar 48,15% dan persentase aktifitas 59,26%;\r\ndan pada siklus III nilai rata-rata 8,0 dengan ketuntasan belajarnya 79,31% serta\r\npersentase aktifitasnya 66,67%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan\r\nketuntasan belajar yang telah ditentukan.\r\nKata kunci : PTK, metode STAD, keaktifan belajar, prestasi belajar."^^ . "2016-01-27" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "PUTRA KIHANGGARA"^^ . "MAIWAN"^^ . "PUTRA KIHANGGARA MAIWAN"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Maiwan PK 08504244027.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR\r\nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #29319 \n\nPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE \nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK \nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR \nOTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Otomotif" . .