@phdthesis{UNY29288, author = {Diah Pratiwisari}, month = {January}, year = {2016}, title = {Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Pengelolaan Kelas Guru Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29288/}, keywords = {pengalaman mengajar, motivasi kerja, pengelolaan kelas}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengungkap (1) tingkat pengelolaan kelas guru SD di Kota Yogyakarta, (2) tingkat pengalaman mengajar guru SD di Kota Yogyakarta, (3) tingkat motivasi kerja guru SD di Kota Yogyakarta, (4) pengaruh pengalaman mengajar terhadap pengelolaan kelas guru SD di Kota Yogyakarta, (5) pengaruh motivasi kerja terhadap pengelolaan kelas guru SD di Kota Yogyakarta, dan (6) pengaruh pengalaman mengajar dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap pengelolaan kelas guru SD di kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas I dan IV SD di Kota Yogyakarta yang menggunakan kurikulum 2013, dengan ukuran sampel 94 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Perhitungan reliablitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi tunggal, dan analisis regresi ganda. Tingkat pengelolaan kelas dan motivasi kerja guru SD di Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan pengalaman mengajar guru SD di Yogyakarta termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, pengalaman mengajar dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap pengelolaan kelas.} }