eprintid: 29249 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1214 dir: disk0/00/02/92/49 datestamp: 2016-01-25 01:07:50 lastmod: 2019-01-30 06:05:12 status_changed: 2016-01-25 01:07:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rohmawati, Pri corp_creators: Nur Hidayah title: BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENJUAL JASA BECAK CINTA (STUDI PADA MASYARAKAT ALUN-ALUN KIDUL KOTA SURAKARTA) ispublished: pub subjects: C1 divisions: fis_pend_sosio full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak dari bentuk interaksi sosial antar penjual jasa becak cinta dan penjual jasa lain terhadap kehidupan masyarakat di alun-alun kidul kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui kata-kata dan tindakan, sumber tertulis serta foto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah para penjual jasa yang berada di alun-alun kidul kota Surakarta. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi sosial antar penjual jasa becak cinta di alun-alun kota Surakarta. Bentuk interaksi antar penjual jasa meliputi: Pertama, kerjasama yang dilakukan para penjual jasa becak cinta antara lain adalah hal pekerjaan, misalnya mereka sama-sama melakukan promosi untuk becak cinta. Kedua, akomodasi yang dilakukan para penjual jasa apabila ada masalah biasanya berwujud toleransi dan mediasi. Ketiga, kontravensi antar penjual jasa becak cinta terjadi karena adanya konflik. Keempat, persaingan yang terjadi antar penjual jasa merupakan persaingan yang sehat, dimana persaingan tersebut dijadikan sebagai motivasi. Kelima, konflik yang terjadi diantara penjual jasa biasanya dipicu karena masalah perebutan pengguna jasa becak cinta. Bentuk interaksi terjadi karena dipengaruhi oleh kesamaan nasib, kesamaan tempat mencari nafkah, kesamaan pemikiran, kesamaan tujuan dan kesamaan profesi. Kata kunci : Interaksi, Penjual Jasa, Becak Cinta date: 2016 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: FIS thesis_type: skripsi citation: Rohmawati, Pri (2016) BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENJUAL JASA BECAK CINTA (STUDI PADA MASYARAKAT ALUN-ALUN KIDUL KOTA SURAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/29249/1/2.%20SKRIPSI%20FULL%2008413244017.swf