@phdthesis{UNY29230,
          school = {PGSD},
           title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGJATI DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN)},
          author = {Briliyan S. A},
            year = {2016},
           month = {January},
        abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan besarnya peningkatan keterampilan menulis cerita pendek siswa Kelas VI SD Negeri Karangjati dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan). 
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Karangjati yang berjumlah 25 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan proses menulis cerita pendek dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan). Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya Penggunaan strategi 3M (meniru, mengolah, mengembangkan) mampu meningkatkan proses keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VI SD Negeri Karangjati karena mudah digunakan oleh siswa. Sejak dilakukan kegiatan dari pratindakan hingga akhir siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan sebanyak 22,3\%. Dengan peningkatan hasil belajar tersebut seluruh siswa kelas VI SD Negeri Karangjati telah mencapai KKM. Selain itu . Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi 3M (meniru, mengolah, mengembangkan) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Negeri Karangjati. 


Kata kunci: keterampilan menulis, cerita pendek, strategi 3M},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/29230/}
}