@phdthesis{UNY29217, year = {2016}, school = {Fakultas Ekonomi}, title = {UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI, DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {Shofia Suparti}, month = {January}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29217/}, keywords = {Motivasi, Partisipasi, Prestasi Belajar, Problem Based Learning.}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi, Partisipasi, dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi, partisipasi, dan prestasi belajar adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi, Partisipasi, dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang. Peningkatan motivasi belajar meningkat sebesar 7,62\% atau pada siklus I sebesar 73,25\% menjadi 80,89\% pada siklus II. Pada siklus I skor rata-rata partisipasi belajar siswa 69,71\% menjadi 84,44\% pada siklus II atau meningkat sebesar 14,74\%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 68,64 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 27,78\%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata mengalami peningkatan sebesar 8,42 menjadi 77,06 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 58,82\%. Pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 88,11 atau meningkat sebesar 11,05, dengan ketercapaian KKM sebesar 88,89\%.} }