TY - UNPB PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Mulyani, Inawati N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif keterampilan proses sains siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dalam mata pelajaran biologi ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik acak gugus (cluster sampling) sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 22 kelas dengan jumlah siswa 644 terdiri dari 109 siswa laki-laki kelas X, 223 siswa perempuan kelas X, 118 siswa laki-laki kelas XI dan 194 siswa kelas XI yang tersebar di SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kelompok siswa laki-laki dam perempuan di SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Variabel tergayut yaitu KBKKPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes yang berupa soal dengan jawaban terbuka (politomous). Teknik analisis data secara statistika deskriptif dengan menghitung skor yang diperoleh siswa. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki kelas X sebesar -0,39, siswa perempuan kelas X sebesar -0,37, pada siswa laki-laki kelas XI sebesar -0,38 dan siswa perempuan kelas XI sebesar -0,30. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa KBKKPS siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki kelas X, hal yang sama juga diperoleh pada kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Y1 - 2015/// UR - http://eprints.uny.ac.id/29190/ ID - UNY29190 M1 - skripsi TI - KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI GENDER AV - public KW - berpikir kreatif KW - keterampilan proses sains KW - gender ER -