eprintid: 29163 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1229 dir: disk0/00/02/91/63 datestamp: 2016-01-21 05:00:25 lastmod: 2019-01-30 06:01:31 status_changed: 2016-01-21 05:00:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Waskito, Danang title: PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN BAHAN M AKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI PADA MAHASISWA MUSLIM DI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: A4 subjects: manajemen divisions: fe_manajemen full_text_status: public keywords: Makanan Halal, Minat Beli, Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Komposisi Bahan abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal pada mahasiswa muslim di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim yang berkuliah di Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa strata 1 UNY, UGM, UII, dan UIN Sunan Kalijaga dan diambil sebanyak 215 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu sebuah teknik pemilihan sampel dimana seorang individu memilih sampel berdasarkan penilaian pribadi mengenai beberapa karakteristik yang sesuai dari anggota sampel. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Sertifikasi Halal berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0,106 dan tingkat signifikansinya 0,000. (2) Kesadaran Halal berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0,251 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) Bahan Makanan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0,191 dan tingkat signifikansinya 0,011. (4) Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansinya 0,000, lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). (5) Besarnya pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan terhadap minat beli adalah sebesar 28,8%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 13,467 + 0,106X1 + 0,251X2 + 0,191X3 +e date: 2015-12-16 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi department: Manajemen thesis_type: skripsi citation: Waskito, Danang (2015) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN BAHAN M AKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI PADA MAHASISWA MUSLIM DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/29163/1/DanangWaskito_11408144028.pdf