%0 Thesis %9 S1 %A Ningrum Rakhmawati, Eka %A Eni Puji Astuti, M.Sn., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %F UNY:29161 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %K multimedia interaktif, research and development, ornamen tumbuhan, rias fantasi, tata kecantikan kulit %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ORNAMEN TUMBUHAN DALAM RIAS FANTASI BAGI SISWA JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT %U http://eprints.uny.ac.id/29161/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Produk Multimedia Interaktif Ornamen Tumbuhan Dalam Rias Fantasi yang berisi materi ornamen, materi desain dan materi rias fantasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, tahap kedua pengembangan produk, tahap ketiga melakukan uji coba produk. Penelitian ini ditentukan dengan purpose sampling yaitu oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 15 siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 4 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner berisi indikator validasi aspek pembelajaran, aspek materi, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinilai menggunakan skala likert skor 1-4 dan dinyatakan dengan prosentase dengan rentang skor 0-100%. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut, (1)materi dalam media pembelajaran interaktif mencakup materi ornamen yang meliputi definisi ornamen, jenis ornamen, fungsi ornamen, penerapan ornamen dan motif ornamen tumbuhan, materi desain yang meliputi elemen desain dan prinsip penyusunan desain dan materi rias fantasi yang meliputi definisi rias fantasi, tema rias fantasi, perencanaan rias fantasi, dan teknik painting, (2)tahap pembuatan media pembelajaran interaktif melalui studi pendahuluan dan studi literatur diperoleh data bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan secara individual dan klasikal serta membantu guru untuk menjelaskan mengenai materi desain kemudian melalui tahap pembuatan flow chart dan story board dan terakhir penyusunan media menggunakan beberapa software diantaranya Adobe Photoshop CS3, Adobe Soundbooth CS3, CorelDRAW X4, dan Adobe Flash CS 3, (3)hasil akhir validasi ahli materi pada aspek pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan dengan prosentase 100% dan aspek isi dinyatakan sangat layak digunakan dengan prosentase 100% serta hasil akhir validasi ahli media pada aspek tampilan dinyatakan sangat layak dengan prosentase 80% dan aspek pemrograman dinyatakan sangat layak dengan prosentase 87,5% sementara hasil uji coba lapangan pada aspek pembelajaran dengan skor 82,25%, aspek isi dengan skor 80,75% dan aspek tampilan dengan skor 82,25% dinyatakan sangat layak, (4)hasil akhir produk multimedia pembelajaran interaktif dalam penelitian ini dikemas dalam bentuk keping CD dengan format file exe dan file swf.