TY - THES ID - UNY29154 UR - http://eprints.uny.ac.id/29154/ AV - restricted M1 - skripsi A1 - Wahyuhastufi, Arfela TI - IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III A SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA PB - PGSD Y1 - 2016/01/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran di kelas III A sekolah inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Identifikasi hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran meliputi pelaksanaan pembelajaran dan hambatan yang dialami guru di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas III A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hal yang dapat menghambat pembelajaran di kelas inklusi yakni dalam pengelolaan materi pelajaran karena guru harus memberikan materi yang berbeda untuk siswa normal maupun siswa ABK, guru kurang memanfaatkan media untuk mendukung pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Hambatan lain ialah adanya perbedaan intelegensi dari masing-masing siswa terutama karena adanya siswa ABK, menghambat kelancaran penyampaian materi pelajaran. Guru merasa kesulitan untuk memberikan pemahaman kepada siswa maupun orang tua siswa bahwa siswa ABK membutuhkan perhatian khusus. Hambatan terjadi dari kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru kelas dalam menghadapi siswa ABK serta kurangnya ketersediaan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Meski demikian, guru senantiasa berusaha memberikan semua yang terbaik agar siswa normal dan siswa ABK mendapat perhatian dan pelayanan yang merata. Kata kunci: identifikasi hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran, sekolah inklusi ER -