TY - THES Y1 - 2011/07/28/ M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/2915/ AV - public TI - PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 ID - UNY2915 N2 - Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Salah satu alternatif itu adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian di SMK Perindustrian Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan metode pembelajaran STAD (kelas eksperimen) dan metode pembelajaran ceramah (kelas kontrol). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta dengan jumlah 89 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol (X B2) dan kelas eksperimen (X B3) dengan jumlah masing - masing kelompok sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Validitas instrumen ini diuji melalui pendapat para ahli dan dengan bantuan program SPSS pada pilihan Reliability Analysis ? Corrected Item Total Correlation. Reliabilitas instrumen ini diuji dengan menggunakan bantuan program SPSS pada pilihan Reliability Analysis ? Spearman Brown. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan bantuan SPSS pada pilihan Explore dan uji beda (uji t) dengan bantuan program SPSS pada pilihan Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas X yang diajar dengan metode ceramah (kelas kontrol) dengan hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan metode STAD (kelas eksperimen). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t lebih kecil dari pada 0,05 (0,015 < 0,05) sehingga hipotesis diterima dan perolehan rata - rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (75,33 > 68,57). Dengan demikian penerapan metode pembelajaran STAD memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. A1 - Fathoni Reza, Irfanto PB - UNY ER -