@phdthesis{UNY29139, school = {UNY}, year = {2016}, month = {January}, title = {Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Ende}, author = {Ana silfiani Rahmawati}, url = {http://eprints.uny.ac.id/29139/}, keywords = {STAD, inkuiri, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran STAD dan inkuiri terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) sikap ilmiah peserta didik, (3) kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas X6, X7, dan X8 SMA Negeri 1 Ende, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran STAD, pengaruh pembelajaran Inquiry, kemampuan berpikir kritis, dan sikap ilmiah peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Instrumen penelitiannya terdiri dari tes objektif untuk kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan angket untuk sikap ilmiah. Analisis data menggunakan uji independent t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai t sebesar 5,83; 7,72 dan 2,71 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05); (2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap sikap ilmiah peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai t sebesar 4,85; 11,04 dan 7,47 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05); (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai F sebesar 61,819 dengan signifikansi sebesar 0,00 (signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05).} }