TY - THES AV - restricted M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN MENGADAKAN VARIASI DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD SE GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 A1 - Indri, Lestari PB - PGSD Y1 - 2016/01/13/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi dengan minat belajar siswa kelas V SD Se Gugus Sultan Agung Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Se Gugus Sultan Agung Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 109 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen berupa lembar angket keterampilan mengelola kelas, lembar angket keterampilan mengadakan variasi dan lembar angket minat belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengelola kelas dengan minat belajar yang ditunjukkan oleh nilai r=0,457 dan P<0,05. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi dengan minat belajar yang ditunjukkan oleh nilai r=0,405 dan P<0,05. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi dengan minat belajar yang ditunjukkan oleh nilai R=0,464 dan P<0,*05 yang berarti bahwa ketiganya memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Dengan demikian, guru sebaiknya memperhatikan keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi agar minat belajar siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kata kunci: mengelola kelas, mengadakan variasi, minat belajar ID - UNY29083 UR - http://eprints.uny.ac.id/29083/ ER -