%0 Thesis %9 S1 %A Anggita Pusparini, Sukma %A Pembimbing: Dr. Sukidjo, M.Pd., %B Pendidikan Ekonomi %D 2015 %F UNY:29018 %I Fakultas Ekonomi %K Lesson Study, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar %T EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/29018/ %X Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: (1) efektivitas lesson study dalam meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (2) efektivitas lesson study dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (3) perbedaan motivasi belajar ekonomi yang menggunakan lesson study dengan yang tidak menggunakan lesson study pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (4) perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan lesson study dengan yang tidak menggunakan lesson study pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 (kelas kontrol) dan X IIS 2 (kelas eksperimen). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa lesson study efektif meningkatkan motivasi belajar dengan nilai peningkatan rata-rata sebesar 13,22% dan tingkat signifikansi (I-tailed) 0,001 atau <0,05 yang menunjukkan motivasi belajar akhir siswa lebih baik dari motivasi belajar awal pada kelas eksperimen. Pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa lesson study efektif meningkatkan prestasi belajar dengan nilai peningkatan rata-rata sebesar 83,95% dengan tingkat signifikansi (I-tailed) 0,000 atau <0,05 dan thitung -17,681 yang menunjukkan nilai post-test lebih baik dari nilai post-test pada kelas eksperimen. Uji hipotesis ketiga motivasi akhir pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan t 0,005 atau <0,05 dan rata-rata 70,36 untuk kelas eksperimen, 64,50 untuk kelas kontrol. Pada uji hipotesis keempat prestasi belajar kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan t 0,000 atau <0,05 dan rata-rata kelas eksperimen 77,72, kelas kontrol 61,18.