%D 2016 %I PGSD %T PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTER ARANING KEWAN UNTUK KELAS II SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO SEWON BANTUL %L UNY29007 %A - Fakhrunnisa’ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Buku Pinter Araning Kewan yang layak untuk pembelajaran bahasa Jawa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo Sewon Bantul pada bulan Oktober 2015. Penelitian dilakukan berdasarkan 10 langkah Borg dan Gall yanhg dimodifikasi menjadi 9 langkah. Langkah langkah tersebut adalah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum dilakukan uji coba. Subjek penelitian uji coba lapangan awal berjumlah 5 siswa, uji coba lapangan utama berjumlah 10 siswa, dan uji coba lapangan berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Setelah melalui 9 langkah pengembangan Borg dan Gall, media Buku Pinter Araning Kewan untuk kelas II layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh skor akhir 4,21 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media memperoleh skor akhir 4,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,30 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,30 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan, Media Buku Pinter Araning Kewan, Kelas II SD.