%0 Thesis %9 S2 %A Suwaryo, Suwaryo %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:28977 %I UNY %K minat belajar, pemahaman konsep, model pembelajaran quantum teaching %T Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SDN Dayeuhluhur 03 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/28977/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep pecahan melalui model pembelajaran quantum teaching di kelas V SD Negeri Dayeuhluhur 03 Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dayeuhluhur 03 Cilacap pada bulan April s.d. Juni 2015. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, skala minat, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran konsep operasi hitung pecahan dapat meningkatkan minat belajar siswa ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata skala minat belajar pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 107,44 dan 120,60; (2) penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran konsep operasi hitung pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata tes prestasi belajar pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,45 dan 85,72. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa terhadap materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Dayeuhluhur 03 Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.