%0 Thesis %9 S1 %A Neneng, Apriliana %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:28973 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS DAN HUBUNGAN KERJA GURU TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/28973/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi pengawas terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul; (2) pengaruh hubungan kerja guru terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul; serta (3) pengaruh supervisi pengawas dan hubungan kerja guru secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Tepus Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian studi korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 167 guru dengan sampel penelitian sebanyak 117 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling berdasarkan jumlah guru di setiap sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup model rating scale untuk semua variabel. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan menguji validitas isi dan butir yang dihitung dengan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi pengawas terhadap kepuasan kerja guru SD dengan sumbangan efektif sebesar 14,1%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan kerja guru terhadap kepuasan kerja guru SD dengan sumbangan efektif sebesar 14,3%; serta (3) supervisi pengawas dan hubungan kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru SD dengan sumbangan efektif sebesar 28,4%, sedangkan 71,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.