@phdthesis{UNY28968, school = {PGSD}, year = {2015}, month = {December}, author = {Isnaeni Marzuqi}, title = {UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA}, abstract = {Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas 1 SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang aka dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model penelitiannya adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggert (Pardjono, 2007: 22-23), yaitu berupa perangkat-perangkat atau uraian-uraian dengan satu perangkat yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 1 SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pengukuran mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata post-test siklus I sebesar 76,88 menjadi 83,72 pada siklus II. Hasil observasi partisipasi siswa menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 16,5 menjadi 19,9 pada siklus II. Kata-kata Kunci : metode permainan, siswa kelas 1 SD Nahdlatul Ulama}, url = {http://eprints.uny.ac.id/28968/} }