relation: http://eprints.uny.ac.id/28961/ title: METODE PEMBELAJARAN SAXOPHONE PADA KELAS XI DI SMK N 2 KASIHAN BANTUL creator: Prasetyo, Guntur Eko subject: Seni Musik description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran saxophone di SMK N 2 Kasihan Bantul. Secara khusus penelitian ini dilakukan pada pembelajaran saxophone kelas XI . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing saxophone kelas XI di SMK N 2 Kasihan Bantul. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran saxophone yang digunakan pada kelas XI di SMK N 2 Kasihan Bantul. Data diperoleh dengan observasi tanpa berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi untuk kemudian diuji dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran saxophone kelas XI di SMK N 2 Kasihan Bantul adalah metode ceramah, demonstrasi, imitasi dan drill. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran praktik individu saxophone dilakukan di luar ruangan seperti di lapangan, taman sekolah dan gazebo. Pembelajaran luar kelas dilakukan agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran instrumen saxophone, cara ini juga berfungsi untuk melatih power dalam meniup saxophone. Selain itu dalam pembelajaran saxophone di SMK N 2 Kasihan Bantul terdapat juga praktik bersama seperti ansambel, band, dan orkestra. Siswa juga diwajibkan untuk berlatih mandiri dengan iringan band dan piano untuk melatih progresi achord agar siswa terbiasa dan cepat tanggap dalam berimprovisasi. date: 2015-10-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/28961/1/Guntur%20Eko%20Prasetyo_11208244004_SKRIPSI.pdf identifier: Prasetyo, Guntur Eko (2015) METODE PEMBELAJARAN SAXOPHONE PADA KELAS XI DI SMK N 2 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.