TY - THES Y1 - 2015/12/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen berdasarkan penilaian dari asesor dan penilaian diri sendiri. Jenis penelitian ini termasuk penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi benchmarking (bangku ukur). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPS SMP di kabupaten Kebumen. Pemilihan sampel guru IPS dilakukan dengan propotional random sampling sebanyak 134 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,00%; 2) kompetensi kepribadian guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori amat baik dengan persentase sebesar 93,09%; 3) kompetensi sosial guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,65%; 4) kompetensi profesional guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 79,53%. A1 - Widarsih, Ria PB - UNY TI - Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru Di Kabupaten Kebumen AV - public KW - kompetensi pedagogik KW - kompetensi kepribadian KW - kompetensi sosial KW - dan kompetensi profesional M1 - tesis ID - UNY28950 UR - http://eprints.uny.ac.id/28950/ ER -