TY - THES M1 - skripsi ID - UNY28943 TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ANSAMBEL SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL DI SMP N 2 KALASAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/28943/ Y1 - 2015/10/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ansambel menggunakan metode drill.Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ansambelyang masih di bawah standar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ansambel yang berjumlah 16 siswa. Kolaborator penelitian yaitu Theodorus Joko Sudewo,S.Pd. selaku guru seni musik kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian.Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, tes praktik dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratis, proses, dan dialogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ansambel. Hal ini dibuktikan bahwapada kondisi awal rata-rata nilai siswa 63,13, siklus 1 meningkat menjadi 71,25, dan pada siklus 2 meningkatmenjadi 77,50. Secara keseluruhan meningkat sebesar 22,78%. A1 - Tamtomo, Ridho Nur PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -