TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan pencapaian implementasi manajemen BSE (Buku Sekolah Elektronik) di SMP Negeri Kota Yogyakarta, dan (2) menjelaskan pencapaian tujuan BSE (Buku Sekolah Elektronik) di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis evaluasi ?goal attainment?. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling terdiri dari pengelola BSE, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Data ditabulasi untuk setiap komponen dan total skor dihitung. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen BSE: (1) aspek perencanaan BSE sebesar 83,03% dengan kriteria ?sangat efektif?; (2) aspek pengadaan BSE sebesar 83,82% dengan kriteria ?sangat efektif?; (3) aspek inventarisasi BSE sebesar 73,56% dengan kriteria ?efektif?; (4) aspek penyimpanan BSE sebesar 65,95% dengan kriteria ?efektif?; (5) aspek penggunaan BSE sebesar 83,59% dengan kriteria ?sangat efektif?; (6) aspek pemeliharaan BSE sebesar 91,25% dengan kriteria ?sangat efektif?; (7) aspek penghapusan BSE sebesar 76,56% dengan kriteria ?efektif?. Pencapaian tujuan program BSE menunjukan: (1) aspek menyediakan sumber belajar alternatif, ditinjau dari sisi guru sebesar 68,31% dengan kriteria ?efektif? dan dari sisi siswa sebesar 50,94% dengan kriteria ?cukup?; (2) aspek menstimulus siswa untuk berpikir kreatif dengan bantuan TIK (Teknologi, Infomasi, dan komunikasi), ditinjau dari sisi guru sebesar 77,56% dengan kriteria ?efektif? dan dari siswa sebesar 64,01% dengan kriteria ?efektif?; (3) aspek mematuhi regulasi pemerintah, ditinjau dari sisi guru sebesar 33,93% dengan kriteria ?kurang? dan dari sisi siswa sebesar 25,16% dengan kriteria ?kurang?. Y1 - 2015/12/31/ PB - UNY A1 - Suharyadi, Aris ID - UNY28877 M1 - tesis AV - restricted KW - evaluasi KW - manajemen KW - BSE (Buku Sekolah Elektronik TI - Evaluasi Program BSE (Buku Sekolah Elektronik) di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Yogyakarta UR - http://eprints.uny.ac.id/28877/ ER -