TY - THES PB - Fakultas Ekonomi A1 - Arif Wijaya Latief, Fajar N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor pada siswa kelas XI IPS 3 MAN 2 Madiun dalam meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi melalui penerapan Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor pada siswa kelas XI IPS 3 MAN 2 Madiun. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif antara peneliti dengan guru mata pelajaran akuntansi selama dua siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan prosedur penelitian ini sebagai berikut 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penilitian dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPS 3 MAN 2 Madiun. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi adalah secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor menggunakan dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi di setiap siklus, 2) Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 3 MAN 2 Madiun terlihat dari ketuntasan belajar siswa sebesar 57,58% pada siklus 1 dan 87,88% siswa tuntas belajar pada siklus 2. Y1 - 2015/// UR - http://eprints.uny.ac.id/28839/ KW - Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor KW - Prestasi Belajar Akuntansi. AV - public TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTU DENGAN HUMOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KELAS XI IPS 3 DI MAN 2 MADIUN TAHUN AJARAN 2014/2015 M1 - skripsi ID - UNY28839 ER -