TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Januria, Muktiningsih Y1 - 2015/12/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru di SMP Negeri se Kecamatan Mlati. Profesionalitas guru diketahui dengan melihat penguasaan empat standar kompetensi guru dan dengan melihat pola sertifikasi yang ditempuh oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di SMP Negeri se Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman yang berjumlah 74 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Validitas data menggunakan validitas konstrak. Reliabilitas data menggunakan rumus Croncbach?s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: profesionalitas guru SMP Negeri se Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat baik (86,0%). Hasil tersebut berdasarkan dari perolehan persentase empat kompetensi guru yaitu: 1) kompetensi pedagogik guru pola PLPG berada dalam kategori sangat baik (86,7%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (87,8%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (83,3%). 2) kompetensi kepribadian guru pola PLPG berada dalam kategori sangat baik (92,7%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (91,9%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (90,0%). 3) Kompetensi profesional guru pola PLPG berada dalam kategori baik (77,1%), pola portofolio dalam kategori baik (76,6%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori baik (76,5%). 4) Kompetensi sosial guru pola PLPG berada dalam kategori sangat (87,2%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (87,6%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (84,6%). UR - http://eprints.uny.ac.id/28836/ ID - UNY28836 M1 - skripsi TI - PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN AV - public ER -