%L UNY28803 %I PGSD %D 2015 %X Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan di lapangan yang menyatakan bahwa minat belajar siswa yang rendah dan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA melalui pendekatan pembelajaran SAVI di SD Negeri Sendangharjo Kecamatan Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sendangharjo Kecamatan Minggir, yang berjumlah 15 siswa (6 laki-laki dan 9 perempuan). Objek penelitian adalah minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, pengisian skala minat oleh siswa dan dokumentasi. Teknik analisis dilaksanakan secara deskriptif kuantitatif. Melalui tindakan seperti mengurangi konten kegiatan pembelajaran dan memberikan reward kepada siswa selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kegiatan dengan pendekatan pembelajaran SAVI melalui empat tahapan meliputi tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya aspek-aspek minat belajar IPA siswa dan tercapainya indikator keberhasilan pada siklus II, yaitu: (a) antusias 88% dengan kategori sangat tinggi, (b) rasa ingin tahu terhadap IPA 78% dengan kategori tinggi, (c) siswa berpartisipasi aktif 84% dengan kategori tinggi, (d) perhatian siswa terhadap IPA 90% dengan kategori sangat tinggi, dan (d) tekun73% dengan kategori tinggi. Kata kunci: minat belajar, pendekatan pembelajaran SAVI %T MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI DI SD NEGERI SENDANGHARJO KECAMATAN MINGGIR %A Novia Ika Putri Utami