<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010"^^ . "Pembelajaran yang berlangsung di sekolah dalam upayanya mencapai prestasi \r\nbelajar yang maksimal, masih menemui beberapa kendala. Salah satunya adalah \r\npenggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Oleh karena itu, perlu \r\ndilakukan upaya perbaikan sistem pembelajaran salah satunya dengan sistem \r\npendekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan prestasi belajar \r\nSejarah dengan penggunaan pendekatan Stop-Think-Do melalui metode diskusi \r\nterbimbing pada siswa kelas XI IPS 4 SMA N 2 Bantul, serta kendala-kendala yang \r\ndihadapi. \r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan \r\nmenggunakan CAR (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus, yang \r\nmencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data \r\ndalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun dalam \r\npengambilan data melalui observasi langsung selama proses pembelajaran di kelas, \r\nwawancara, angket, dokumen, dan tes hasil belajar. Validitas data dalam penelitian \r\nini menggunakan teknik trianggulasi, yaitu terdiri dari trianggulasi sumber data dan \r\ntrianggulasi metode. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif \r\n'dan analisis kuantitatif. \r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Stop- Think- \r\nDo melalui metode diskusi terbimbing secara umum dapat meningkatkan motivasi \r\nbelajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bantul. Hal tersebut terlihat dari \r\npeningkatan-peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, motivasi \r\nsiswa mengalami peningkatan sebesar 2.43. Pada siklus II, peningkatan sebesar \r\n3.21 . Pada siklus III, peningkatan sebesar 3.64. Penggunaan pendekatan Stop- \r\nThink-Do melaui metode diskusi terbimbing secara umum juga mampu meningkatkan \r\nprestasi belajar sejarah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap \r\nsiklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi siswa meningkat sebesar 0.65. Pada siklus \r\nII, meningkat sebesar 0.83. Pada siklus III, meningkat sebesar 0.97. Kendala-kendala \r\nyang dihadapi dalam penggunaan pendekatan Stop- Think-Do melalui metode diskusi \r\nterbimbing ini adalah siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri \r\nsaat berlangsungnya diskusi, apalagi jika kelompok tersebut berjumlah besarl klasikal \r\nsehingga kelas menjadi gaduh. \r\nKata kunci: Prestsi Belajar, Motivasi Belajar, Pendekatan Stop-Think-Do, Diskusi \r\nTerbimbing."^^ . "2010" . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "FIS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "Ivan Nurrohman"^^ . "Nardiani"^^ . "Ivan Nurrohman Nardiani"^^ . . "M. Nur Rakhman"^^ . . . . . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010 (Text)"^^ . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28794 \n\nPENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010\n\n" . "text/html" . . . "Sejarah"@en . .