TY - THES M1 - skripsi ID - UNY28793 TI - PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/28793/ Y1 - 2010/// N2 - Tinggi rendahnya kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu pendekatan yang ada adalah pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pemahaman guru tentang CTL. 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran CTL. 3) mengidentifikasi hambatan-hambatan yang di hadapi oleh guru dalam CTL mata pelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif Subyek dalam penelitian ini adalah guru sejarah di masing-masing SMA. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara dan Kuwesioner. Tehnik anailis data, menurut Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau ferifikasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan bulan September 2008. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) sebagian besar guru Sejarah Di SMA wilayah gobong sudah memahami makna dari pendekatan pembelajaran kontekstual, guru tinggal mempedalam dan sedikit demi sedikit mengenalkan pendekatan ini kepada siswa 2) pelaksanaan pembelajaran sejarah sedikit banyak telah mencerminkan penerapan pendekatan pembelajaran CTL, yang meliputi 5 prinsip dan 7 pilar pembelajaran kontekstual, dengan hasil hasil pelaksanaan komponen pendekatan CTL sebagai berikut: ketertarikan (relating) baik, pengalaman langsung (esprecing) baik, aplikasi (appliying) baik, kerjasama (cooperating), alih pengetahuan (transferring) baik, konstruktivisme (contruktivisem) cukup, menemukan (inquiry) baik, bertanya (questioning) baik, masyarakat belajar (learning com unity) baik, pemodelan (modelling) cukup, refleksi (reflection) cukup, penilaian yang sebenamya (authentic assesment) baik. 3).hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru-guru dalam pendekatan pembelajaran dengan mengunakan CTL menurut guru adalah: a. keterbatasan waktu yang dialmi oleh guru untuk dapat memaksimalkan pendekatan dengan meangunakan CTL; b. kurangnya waktu untuk mendatangkan ahli atau tokoh kedalam kelas; c. dibutuhkan biaya untuk mendatangkan ahli dan membuat hasil karya; d. siswa belum terbiasa dengan metode pembelajaran dengan mengunakan pendekatan CTL. PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Astuti, Mariana Ayu Lestari ER -