<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008"^^ . "Tinggi rendahnya kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh pendekatan \r\npembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan \r\nsuatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu \r\npendekatan yang ada adalah pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) \r\nmengetahui pemahaman guru tentang CTL. 2) mengetahui pelaksanaan \r\npembelajaran CTL. 3) mengidentifikasi hambatan-hambatan yang di hadapi oleh \r\nguru dalam CTL mata pelajaran sejarah. \r\nPenelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif Subyek dalam \r\npenelitian ini adalah guru sejarah di masing-masing SMA. Tehnik pengumpulan \r\ndata yang digunakan adalah: Observasi, wawancara dan Kuwesioner. Tehnik \r\nanailis data, menurut Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, \r\npenyajian data, dan menarik kesimpulan atau ferifikasi. Penelitian ini \r\ndilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan bulan September 2008. \r\nHasil penelitian menunjukan bahwa 1) sebagian besar guru Sejarah Di \r\nSMA wilayah gobong sudah memahami makna dari pendekatan pembelajaran \r\nkontekstual, guru tinggal mempedalam dan sedikit demi sedikit mengenalkan \r\npendekatan ini kepada siswa 2) pelaksanaan pembelajaran sejarah sedikit banyak \r\ntelah mencerminkan penerapan pendekatan pembelajaran CTL, yang meliputi 5 \r\nprinsip dan 7 pilar pembelajaran kontekstual, dengan hasil hasil pelaksanaan \r\nkomponen pendekatan CTL sebagai berikut: ketertarikan (relating) baik, \r\npengalaman langsung (esprecing) baik, aplikasi (appliying) baik, kerjasama \r\n(cooperating), alih pengetahuan (transferring) baik, konstruktivisme \r\n(contruktivisem) cukup, menemukan (inquiry) baik, bertanya (questioning) baik, \r\nmasyarakat belajar (learning com unity) baik, pemodelan (modelling) cukup, \r\nrefleksi (reflection) cukup, penilaian yang sebenamya (authentic assesment) baik. \r\n3).hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru-guru dalam pendekatan \r\npembelajaran dengan mengunakan CTL menurut guru adalah: a. keterbatasan \r\nwaktu yang dialmi oleh guru untuk dapat memaksimalkan pendekatan dengan \r\nmeangunakan CTL; b. kurangnya waktu untuk mendatangkan ahli atau tokoh \r\nkedalam kelas; c. dibutuhkan biaya untuk mendatangkan ahli dan membuat hasil \r\nkarya; d. siswa belum terbiasa dengan metode pembelajaran dengan mengunakan \r\npendekatan CTL."^^ . "2010" . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "FIS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "Mariana Ayu Lestari"^^ . "Astuti"^^ . "Mariana Ayu Lestari Astuti"^^ . . "M. Nur Rakhman"^^ . . . "Aman"^^ . . . . . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 (Text)"^^ . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008.pdf"^^ . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28793 \n\nPELAKSANAAN DAN HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA WILAYAH GOMBONG TAHUN AJARAN 2008\n\n" . "text/html" . . . "Sejarah"@en . .