%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks 
deskripsi melalui penerapan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) pada 
siswa kelas X SMAN 1 Kretek. Penelitian ini merupakan Penelitian  Tindakan 
Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMAN 1 Kretek yang 
berjumlah 30 siswa. 
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, 
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan 
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, catatan lapangan, 
angket, wawancara, tes, dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang 
digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian 
keterampilan menulis teks deskripsi, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. 
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif 
dan didukung dengan data kuantitatif. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT dapat 
meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas X3 SMAN 1 
Kretek baik dari segi proses maupun produk. Peningkatan proses dapat dilihat 
pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan 
peningkatan siswa dalam memperhatikan pembelajaran, keantusiasan, keaktifan, 
dan suasana pembelajaran di kelas lebih kondusif. Peningkatan kualitas proses 
berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada 
hasil tes menulis teks deskripsi dari tahap pratindakan hingga siklus II mengalami 
peningkatan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pratindakan 65,05, siklus 
I 70,17, dan siklus II 75,23. Dapat disimpulkan bahwa strategi RAFT merupakan 
salah satu strategi menulis yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks 
deskripsi.
%A Yulita Noor Dwi Astuti
%T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI 
MELALUI PENERAPAN STRATEGI RAFT 
(ROLE-AUDIENCE-FORMAT-TOPIC) 
PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KRETEK
%L UNY28762
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%D 2015