%0 Thesis %9 S1 %A Bangun, Prihanto %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2015 %F UNY:28682 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KRIYA KAYU PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/28682/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran, ketercapaian hasil dan kemampuan anak dalam pembelajaran keterampilan kriya kayu pada anak tunagrahita kategori ringan di SLB Yapenas Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru keterampilan kriya kayu dan dua anak tunagrahita kategori ringan kelas X di SLB Yapenas Sleman. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dalam penelitian adalah mereduksi data, membuat display dan menyimpulkan data menjadi kesimpulan dari data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan guru mengawali pembelajaran dengan tahapan persiapan, meliputi tahap asesmen untuk menentukan tujuan pembelajaran, materi dan metode pembelajaran. Materi yang diberikan mengenai tahapan pengerjaan produk dari penyiapan alat dan bahan, proses pengerjaan, dan proses finishing. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah dan pemberian tugas. Untuk strategi pembelajaran yang digunakan yaitu shaping, prompting, dan fading, guru memulai dengan memberikan contoh kemudian anak menirukan tahapan yang dicontohkan, namun pada tahapan pembuatan pola, pemasangan alat, penggunaan alat masinal dan ketelitian anak perlu dibantu guru. Kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak tidak sama, tergantung karakteristik anak. Subyek BP lebih banyak menguasai kemammpuan teknik kerja kayu karena memiliki kemampuan motorik yang lebih bagus dibandingkan dengan subyek BE. Kedua subyek mampu menyiapkan dan menggunakan peralatan manual, semi manual serta menguasai sebagian teknik kerja kayu. Produk yang sudah dihasilkan berupa meja belajar, kursi, almari, tempat pensil, asbak, gantungan baju, rak buku, pigura, papan nama kelas, puzzle, serta papan pengumuman.