@phdthesis{UNY28647,
            year = {2015},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI PERTANYAAN MENUJU PARAGRAF
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI 
PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLEMAN},
          author = {Moh Sarifudin},
           month = {November},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/28647/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk  (1) membuktikan perbedaan kemampuan 
menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman yang mengikuti 
pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dan siswa 
yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menuju 
Paragraf; (2) menguji keefektifan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dalam 
pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman. 
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian 
eksperimen. Desain penelitian ini adalah  tes awal tes akhir control group design. 
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman. Berdasarkan 
teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X6 sebagai kelompok eksperimen 
dan kelas  X1  sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes 
berupa  tes awal  dan  tes akhir. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik 
analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5\%. Sebelum dilakukan 
analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas 
sebaran dan uji homogenitas varians. Pengujian dilakukan dengan  bantuan 
komputer program SPSS 22.0 menunjukkan data  tes awal  dan  test akhir 
berdistribusi normal dan homogen. 
Analisis uji-t data test akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 
diperoleh bahwa t hitung adalah 3,488 dengan db 62 diperoleh nilai p sebesar 0,001. 
Jadi, nilai t hitung lebih besar daripada t  tabel (3,488 {\ensuremath{<}} 1,999) dan nilai p lebih kecil 
dari 0,05 (p =  0,001{\ensuremath{>}} 0,05) yang berarti  signifikan. Gain score  yang diperoleh 
kelompok eksperimen sebesar 13,50, sedangkan  gain score  kelompok kontrol 
sebesar 9,56. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa gain score kelompok 
eksperimen lebih tinggi daripada  kelompok kontrol.  Simpulan penelitian ini 
berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis 
eksposisi  yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan 
menggunakan  strategi Pertanyaan Menuju Paragraf  dengan siswa yang diberi 
pembelajaran tanpa menggunakan  strategi Pertanyaan Menuju Paragraf; (2) 
penggunaan  strategi Pertanyaan Menuju Paragraf  efektif digunakan dalam 
pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman.}
}