TY  - THES
ID  - UNY28587
Y1  - 2015///
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengeta
hui: kualitas LKS dengan pendekatan 
keterampilan proses sains ditinjau dari beberapa
 aspek berdasarkan penilaian oleh ahli materi, 
ahli media dan guru Biologi, tanggapan siswa dalam penggunaan LKS, ketercapaian 
keterampilan proses sains siswa. 
Penelitian ini merupakan penelitian 
Research and Development
 (R&D) dengan model 
analysis, design, development and
 production (ADD). Lembar Kegiatan Siswa yang disusun 
ini menggunakan pendekatan keterampilan proses sains yang sebelumnya telah disunting oleh 
dosen ahli media dan dosen ahli materi. Penilaian kualitas LKS ini dilakukan melalui tahap 
implementasi terbatas dengan subyek penelitian 
2 guru Biologi dan 15 siswa kelas XI SMAN 
8 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kualitas LKS. Instrumen yang digunakan dalam 
penelitian ini berupa angket penilaian kualit
as LKS ditinjau dari aspek kebenaran dan 
keluasan konsep, kebahasaan, kegiatan/pengama
tan, keterampilan dan evaluasi belajar, 
tampilan, lembar observasi dan angket tanggapan siswa. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas LKS dengan pendekatan 
keterampilan proses sains berdasarkan penilaia
n oleh dosen ahli materi dengan skor aspek 
kebenaran dan keluasan konsep 11, aspek kebahasaan 17,  aspek kegiatan/pengamatan 8, 
aspek keterampilan dan evaluasi belajar 21 dengan kriteria ?Sangat Baik? dan berdasarkan 
penilaian dengan skor aspek kebahasaan 17,
 aspek tampilan 29 te
rmasuk dalam kriteria 
?Sangat Baik?., dan guru Biologi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 9, aspek 
kebahasaan 19,  aspek kegiatan/pengamatan 7, 
aspek keterampilan dan evaluasi belajar 22, 
aspek tampilan 29 termasuk dalam kriteria ?Sangat Baik?. Tanggapan siswa dalam 
penggunaan LKS dengan skor 46.87 termasuk dalam kriteria ?Sangat Baik? dan ketercapaian 
keterampilan proses sains siswa yaitu 4 aspek dinyatakan ?Sangat Baik? dan 1 aspek 
dinyatakan ?Baik?. 
Kata kunci
: gizi seimbang, keterampilan pr
oses sains, LKS, menu sehat.
TI  - PENYUSUNAN LKS MENU GIZI SEIMBANG
MATERI ZAT MAKANAN DAN MENU SEHAT DENGAN PENDEKATAN
KETERAMPILAN PROSES SAINS
BAGI SISWA KELAS XI SMA
A1  - Heny, Ajeng Purnama
PB  - Universitas Negeri Yogyakarta
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/28587/
KW  - gizi seimbang
KW  -  keterampilan pr
oses sains
KW  -  LKS
KW  -  menu sehat.
AV  - public
ER  -