relation: http://eprints.uny.ac.id/28587/
title: PENYUSUNAN LKS MENU GIZI SEIMBANG  MATERI ZAT MAKANAN DAN MENU SEHAT DENGAN PENDEKATAN  KETERAMPILAN PROSES SAINS  BAGI SISWA KELAS XI SMA
creator: Heny, Ajeng Purnama
subject: Biologi
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengeta  hui: kualitas LKS dengan pendekatan   keterampilan proses sains ditinjau dari beberapa   aspek berdasarkan penilaian oleh ahli materi,   ahli media dan guru Biologi, tanggapan siswa dalam penggunaan LKS, ketercapaian   keterampilan proses sains siswa.   Penelitian ini merupakan penelitian   Research and Development   (R&D) dengan model   analysis, design, development and   production (ADD). Lembar Kegiatan Siswa yang disusun   ini menggunakan pendekatan keterampilan proses sains yang sebelumnya telah disunting oleh   dosen ahli media dan dosen ahli materi. Penilaian kualitas LKS ini dilakukan melalui tahap   implementasi terbatas dengan subyek penelitian   2 guru Biologi dan 15 siswa kelas XI SMAN   8 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kualitas LKS. Instrumen yang digunakan dalam   penelitian ini berupa angket penilaian kualit  as LKS ditinjau dari aspek kebenaran dan   keluasan konsep, kebahasaan, kegiatan/pengama  tan, keterampilan dan evaluasi belajar,   tampilan, lembar observasi dan angket tanggapan siswa.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas LKS dengan pendekatan   keterampilan proses sains berdasarkan penilaia  n oleh dosen ahli materi dengan skor aspek   kebenaran dan keluasan konsep 11, aspek kebahasaan 17,  aspek kegiatan/pengamatan 8,   aspek keterampilan dan evaluasi belajar 21 dengan kriteria “Sangat Baik” dan berdasarkan   penilaian dengan skor aspek kebahasaan 17,   aspek tampilan 29 te  rmasuk dalam kriteria   “Sangat Baik”., dan guru Biologi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 9, aspek   kebahasaan 19,  aspek kegiatan/pengamatan 7,   aspek keterampilan dan evaluasi belajar 22,   aspek tampilan 29 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Tanggapan siswa dalam   penggunaan LKS dengan skor 46.87 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dan ketercapaian   keterampilan proses sains siswa yaitu 4 aspek dinyatakan “Sangat Baik” dan 1 aspek   dinyatakan “Baik”.   Kata kunci  : gizi seimbang, keterampilan pr  oses sains, LKS, menu sehat.
date: 2015
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/28587/1/Ajeng%20Purnama%20Heny.pdf
identifier:   Heny, Ajeng Purnama  (2015) PENYUSUNAN LKS MENU GIZI SEIMBANG MATERI ZAT MAKANAN DAN MENU SEHAT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI SISWA KELAS XI SMA.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.