TY - THES M1 - skripsi AV - restricted Y1 - 2015/12/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah sistematis pengembangan media kartun IPA pokok bahasan gaya magnet kelas V dan mengetahui tingkat validitas media kartun IPA pokok bahasan gaya magnet kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sekarsuli pada bulan September 2015. Penelitian dilakukan dengan langkah langkah: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum dilakukan uji coba. Subjek penelitian berjumlah 2 siswa saat uji coba lapangan awal, 10 siswa saat uji coba lapangan utama, dan 20 siswa saat uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data tingkat validitas dianalisis secara dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh skor akhir 4,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media memperoleh skor akhir 4,27 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,82 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,60 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,44 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Setelah melalui langkah-langkah sistematis pengembangan produk dan uji coba produk tersebut, media kartun IPA pokok bahasan gaya magnet untuk kelas V memenuhi validitas untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: Pengembangan, Media Kartun, IPA. PB - PGSD TI - PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN IPA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET KELAS V DI SD NEGERI 1 SEKARSULI A1 - Atun, Ria Syafa ID - UNY28570 UR - http://eprints.uny.ac.id/28570/ ER -