TY - THES ID - UNY28563 M1 - tesis AV - public TI - Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Komik Model Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP KW - media komik KW - kemampuan berfikir analitis KW - dan sikap ilmiah UR - http://eprints.uny.ac.id/28563/ Y1 - 2015/11/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik, (2) kriteria kelayakan, dan (3) keefektifan media komik model PBL pada pembelajaran IPA di SMP kelas VII dalam meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk (penyusunan komik, validasi & revisi, (4) pengujian terbatas dan revisi produk, uji lapangan dan revisi produk, serta (5) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media serta dinilai oleh guru IPA dan teman sejawat dari mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Sains. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sentolo. Pengujian lapangan menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi produk media komik, lembar observasi sikap ilmiah, angket sikap ilmiah, dan butir tes (pretes dan postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbentuk komik: (1) memiliki karakteristik: alur cerita sesuai sintaks PBL, judul komik merupakan integrasi dari KD 4.3, KD 7.3, dan KD 7.4, cerita dalam komik memuat indicator berfikir analitis, tokoh dalam komik diperankan melalui sikap ingi tahu dan berfikir terbuka, (2) layak digunakan dengan kriteria ?sangat baik? dan (3) efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah siswa. PB - UNY A1 - Lestari, Devy indah ER -