@phdthesis{UNY28558, school = {UNY}, year = {2015}, month = {November}, author = {Afriyanti Afriyanti}, title = {Pengembangan Model Pembelajaran OPEK pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Practical Skill dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA}, keywords = {model pembelajaran OPEK, pembelajaran fisika, practical skill, sikap ilmiah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika yang layak digunakan di sekolah; dan (2) mengetahui apakah model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan practical skill dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R\&D). Prosedur pengembangan mengadaptasi prosedur pengembangan Borg \& Gall dengan langkah-langkah meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi akhir produk. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari 30 orang peserta didik kelas X MIA 8 SMA N 7 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 36 peserta didik kelas X MIA 6 dan pada kelas kontrol terdiri dari 34 peserta didik kelas X MIA 4 SMA N 7 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis dan lembar observasi untuk mengukur practical skill, angket untuk mengukur sikap ilmiah, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika yang dikembangkan layak digunakan di sekolah dengan kategori baik ditinjau dari aspek teori pendukung, sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan pengiring; (2) Model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan practical skill dan sikap ilmiah peserta didik ditunjukkan dari signifikansi hasil uji MANOVA kurang dari 0,05 pada taraf siginifikansi 5\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/28558/} }