<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/title> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan \r\nmembaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran \r\nmenggunakan strategi Estimate, Read, Respond, and Question (selanjutnya \r\ndisingkat ERRQ) dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan \r\npendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates; (2) keefektifan \r\nstrategi ERRQ dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa \r\nkelas VIII SMP Negeri 1 Wates. \r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode \r\npenelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah control \r\ngroup pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yakni variabel \r\nbebas berupa penggunaan strategi ERRQ dalam pembelajaran membaca \r\npemahaman teks ulasan dan variabel terikat berupa kemampuan membaca \r\npemahaman teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates. Populasi penelitian \r\nini adalah siswa kelas VIII A-VIII G SMP Negeri 1 Wates. Teknik pengambilan \r\nsampel dilakukan secara acak dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik \r\ntersebut ditetapkan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G \r\nsebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan \r\nteknik tes. Instrumen dikonsultasikan kepada orang yang ahli (expert judgement), \r\nyakni guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Wates dan \r\ndiujicobakan pada siswa di luar sampel yakni siswa kelas VIII D. Uji reliabilitas \r\nmenggunakan bantuan program iteman. Sebelum dilakukan penghitungan uji-t \r\nmaka dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji \r\nhomogenitas. Berdasarkan penghitungan tersebut skor prates dan pascates \r\nkelompok kontrol dan kelompok eksperimen terbukti normal dan homogen. \r\nSelanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t skor \r\npascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai \r\nthitung 3.743 dengan db=47 dan nilai p sebesar 0.000 pada taraf signifikansi 5% (p < \r\n0.05). Sementara itu, penghitungan uji-t sampel berhubungan data prates dan \r\npascates kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 8.970 dengan df = 24 \r\ndan p sebesar 0.000, nilai p lebih kecil dari pada taraf kesalahan 5% (0.000 < \r\n0.05). \r\nBerdasarkan hasil penghitungan tersebut, simpulan dari penelitian ini \r\nadalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks \r\nulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi \r\nERRQ dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan \r\nsaintifik. (2) Strategi ERRQ efektif digunakan dalam pembelajaran membaca \r\npemahaman teks ulasan."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/date> "2015-11-10" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Septi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Haryani"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-ad97cd0e0046a03ee6792a4f7f62478e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Septi Haryani"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a662e2d5c9ff63976b66d680f379f119> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a662e2d5c9ff63976b66d680f379f119> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Hartono, M.Hum"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a662e2d5c9ff63976b66d680f379f119> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-82fd698a68782ddf8e7d324b66b37f2a> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-82fd698a68782ddf8e7d324b66b37f2a> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Nurhidayah, M.Hum"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-82fd698a68782ddf8e7d324b66b37f2a> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/1/SKRIPSI.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/1/SKRIPSI.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/1/SKRIPSI.pdf> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "SKRIPSI.pdf"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/2/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239708> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/2/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/2/indexcodes.txt> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "indexcodes.txt"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/3/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239709> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/3/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/3/lightbox.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "lightbox.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/4/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239710> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/4/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/4/preview.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "preview.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/5/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239711> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/5/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/5/medium.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "medium.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \r\nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239703> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/28501/6/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/239712> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/28501/6/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/6/small.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "small.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/28501/> . <http://eprints.uny.ac.id/28501/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #28501 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION \nDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN \nPADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/28501/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/28501/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> .