%0 Thesis
%9 S1
%A Leo Hati Franstika, Leo
%B Jurusan Pendidikan Seni Tari
%D 2015
%F UNY:28419
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K analisis gerak, karakter,tari Dhadak Merak
%T ANALISIS GERAK DAN KARAKTER  TARI DHADHAK MERAK  DALAM KESENIAN REOG PONOROGO
%U http://eprints.uny.ac.id/28419/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam Gerak tari dan karakter tari  Dhadhak Merak dalam kesenian Reog Ponorogo.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan etnografi  James P. Spradley. Objek penelitian adalah analisis gerak dan karakter Tari Dhadhak  Merak dalam kesenian Reog Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan  wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi  data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan  dengan teknik triangulasi.  Hasil penelitian adalah sebagai berikut, karakter tari Dhadhak Merak  menggambarkan watak Singo Barong yang bertindak sebagai tokoh penguasa hutan  Lodaya dalam legenda Reog Ponorogo. Singo Barong berwujud manusia berkepala  harimau dan mengunakan mahkota burung merak. Ragam gerak yang dibawakan ialah  stilisasi dari tabiat harimau dan burung merak, serta ragam gerak manusia yang  mencerminkan kesombongan, keberingasan, dan kesaktian Singo Barong. Hal tersebut  menyesuaikan keberadaan topeng yang berwujud kepala harimau dan burung merak.  Ragam gerak tari Dhadhak Merak yang mencerminkan karakter tersebut, yaitu 1)  Thakuran; 2) Kebat; 3) Ukel; 4) Jeglongan; 5) Sembahan; 6) Lengken / kayang;  7) Gulung; 8) Macanan; 9) Kaplakan; 10) Kipu.