TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/28375/ ID - UNY28375 Y1 - 2015/11/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kinerja penilik di dinas pendidikan Kabupaten Klaten; (2) Hasil kinerja penilik dinas pendidikan Kabupaten Klaten; (3) Kendala yang dialami penilik dinas pendidikan Kabupaten Klaten; (4)Evaluasi kinerjapenilikdinas pendidikan KabupatenKlaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kabid PNF, Pegawai/Kasi PAUD, Penilik dan Lembaga PAUD sebagai subyek pendukung. Setting penelitian di Dinas pendidikan Kabupaten Klaten. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja penilik dinas pendidikan Kabupaten Klaten masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, yaitu penilik PAUD masih ada yang kurang maksimal dalam menjalankan tugas, sehingga kinerja penilik kurang bagus dalam menjalankan tugas dengan masih banyaknya lembaga PAUD yang kurang mendapat perhatian dari penilik; (2) Hasil kinerja penilik Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, akan tetapi harus ditingkatkan lagi karena masih ada beberapa hal yang menyebabkan lembaga PAUD sulit mengembangkan lembaganya; (3) Kendala yangdialami penilik Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten ini adalah masih banyak lembaga PAUD yang kurang maksimal perkembangannya karena kinerja penilik yang belum maksimal dalam menjalankan tugas (4) Evaluasi kinerja penilik Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dilakukan dengan pelatihan untuk mengembangkan kinerja penilik, memberi insentifbagi penilik yangkinerjanya bagus. PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - ANALISISKINERJAPENILIKPAUDDIDINASPENDIDIKAN KABUPATENKLATEN A1 - Frenky, Nugroho M1 - skripsi AV - public ER -