@phdthesis{UNY28348, month = {November}, title = {PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEMESTER 2 MATERI SUDUT DAN PECAHAN DI SD NEGERI SE-DESA CATURHARJO,KECAMATAN SLEMAN, KABUPATEN SLEMAN}, author = {Enggar Saraswati}, school = {PGSD}, year = {2015}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam mata pelajaran matematika kelas III semester 2 materi sudut dan pecahan di SD Negeri se-desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri sedesa Caturharjo, dari 185 siswa diambil 123 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara, dengan instrumen berupa soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t, dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai t-hitung sebesar -4,144 dan nilai t-tabel sebesar 1,65754 dengan df 121 dan taraf signifikansi 5\%. Karena t-hitung bernilai negatif, maka jika nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-4,144{\ensuremath{<}}1,65754) dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, sebagian besar siswa yang masuk kategori tinggi adalah siswa perempuan yaitu sebanyak 40,7\% dan siswa yang mendapat skor rendah semuanya merupakan siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa laki-laki lebih rendah daripada siswa perempuan dalam mata pelajaran Matematika kelas III semester 2 materi Sudut dan Pecahan di SD Negeri se-Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Kata kunci: hasil belajar, matematika, siswa laki-laki dan perempuan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/28348/} }