%I UNY %D 2015 %T ANALISIS KEBIJAKAN DISDIKPORA DIY DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA TINGKAT SMA %L UNY28347 %A Nurhadiatmi Nurhadiatmi %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebijakan Disdikpora DIY dalam implementasi Kurikulum 2013 pada tingkat SMA. Analisis kebijakan ini terkait proses kebijakan dan pendekatan perumusan kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala bidang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, kepala seksi SMA, dan staf seksi SMA. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan teknik, kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses kebijakan implementasi kurikulum 2013 meliputi: a) Identifikasi masalah atau identification of policy problem dalam implementasi kurikulum 2013 adalah sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, dan kesulitan guru; b) Menyusun usulan kebijakan atau agenda setting yang dilakukan Disdikpora yaitu melakukan kegiatan pelatihan bagi guru, workshop, dan MGMP; c) Policy formulation, policy legitimation, policy implementation dilakukan oleh pemerintah pusat yang memiliki kewenangan mengenai kebijakan kurikulum 2013, dinas daerah hanya melaksanakan, dan menyikapi kebijakan tersebut; d) Policy evaluation atau evaluasi kebijakan adalah dinas daerah melakukan monitoring ke sekolah pelaksana kurikulum 2013, melalui guru, dan kepala sekolah yang berkunjung ke dinas. Evaluasi kebijakan yang telah dilakukan menunjukkan mata pelajaran yang sudah terakomodir, sarana prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang kondusif, adanya pelatihan bagi guru, dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak pelaksana Kurikulum 2013. 2) Pendekatan dalam perumusan kebijakan adalah man-power approach dan social demand approach.