%0 Thesis %9 S1 %A Fitriana Nur, Itsnaini %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:28300 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB SISWA PUTUS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/28300/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) faktor penyebab siswa SD di Kota Yogyakarta yang mengalami putus sekolah; (2) tindakan orang tua terhadap siswa putus sekolah; (3) tindakan sekolah terhadap siswa putus sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas, TU sekolah, orang tua, saudara kandung, dan juga siswa putus sekolah di SD Rejowinangun 2, SDN Kotagede 4, SD Islamiyah Pakualaman dan SDN Dalem, dengan perolehan data siswa putus sekolah tahun 2013 dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data kualitatif menggunakan data interaktif dengan model dari Miles and Huberman dengan langkah dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Faktor penyebab siswa putus sekolah didominasi oleh faktor internal siswa yaitu: siswa malas untuk melanjutkan sekolah, kemampuan akademis yang lemah, dan keadaan ekonomi orang tua yang lemah. (2) Tindakan yang dilakukan orang tua berupa tindakan preventif dan kuratif. Tindakan preventif dengan memberikan motivasi, sedangkan tindakan kuratif dengan menyuruh siswa untuk Kejar Paket A (3) Tindakan yang dilakukan sekolah berupa tindakan preventif dan kuratif. Tindakan preventif dengan memberikan motivasi, sedangkan tindakan kuratif dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa.