%0 Thesis %9 S1 %A Irawati, Marlinda %A M. Nur Rokhman, %B FIS %D 2010 %F UNY:28292 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PROFGRAM POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAX VIIIC SMP NEGERI 4 KALASAN TAHUN AJARAN 2010-2011 %U http://eprints.uny.ac.id/28292/ %X Sejarah merupakan pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bagi siswa dikarenakan metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media visual program power -point, meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VIlle SMP Negeri 4 Kalasan serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapai dalam penerapan media visual program powerpoint. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelaslPTK. Responden dalam penelitian ini adalah guru sejarah, kepala sekolah, dan siswa kelas VIlle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes basil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif Siswa lebih berantusias mengikuti proses pembelajaran sejarah karena pembelajaran sejarah tidak lagi monoton dan membosankan. Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah pada siklus I peneliti menggunakan media visual program powerpoint yang dikombinasikan dengan metode ceramah, pada siklus ke II peneliti menggunakan media visual power point yang dikombinasikan dengan metode ceramah dan permainan kartu, sedangkan dalam siklus ke III peneliti menggunakan media visual power point, metode ceramah, permainan kartu dan diskusi. Siklus I merupakan siklus yang paling berhasil hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase nilai pre-test ke nilai post-test. Basil penelitian menunjukkan bahwa. pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media visual program power point pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 4 Kalasan dapat meningkatkan pre stasi belajar sejarah. Peningkatan prestasi ditunjukkan dengan semakin meningkatnya tes basil belajar siswa yang dicapai pada setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata tes awal adalah 51,11 sedangkan nilai rata-rata tes akhir adalah 68,33 dan presentase peningkatan nilainya adalah 17,22%. Pada siklus II nilai rata-rata tes awal adalah 58,19 sedangkan nilai rata-rata tes akhir adalah 72,14 dan presentase peningkatan nilainya adalah 13,95%. Pada siklus III nilai rata-rata tes awal adalah 67,5 sedangkan nilai rata-rata tes akhir adalah 82,36 dan prosentase peningkatan nilainya adalah 14,86%. Sedangkan kendala yang dihadapai dalam penelitian ini adalah kurangnya fasilitas sekolah seperti LCD dan laptop/komputer sebingga guru harns menyiapkan dan membawa peralatan .ersebut ke dalam kelas apabila ingin menggunakannya. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Media Visual Program Powerpoint