<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa penelitian mengenai interaksi nonverbal guru di SMA Purworejo masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk, (2) fungsi, dan (3) efek pola interaksi nonverbal terhadap atmosfer kelas pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini juga diharapkan dapat menggambarkan interaksi nonverbal guru secara efektif di kelas. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan setting penelitian SMAN 1 Purworejo, SMAN 6 Purworejo dan SMAN 11 Purworejo. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai Agustus sampai dengan September 2014. Unit analisis penelitian terdiri dari ekspresi wajah (Ew), parabahasa (Pb), prosemik (Pr), kinesik (gestur dan posisi tubuh (Gp)), serta kontak mata (Km). Sumber data penelitian ini adalah interaksi guru dan peserta didik di ketiga SMA tersebut, khususnya kelas XI. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi kegiatan pembelajaran, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Seiddel, yakni: (1) mencatat dan menghasilkan catatan lapangan; (2) mengumpulkan, memilah-milah data, dan mengklasifikasikan data; lalu (3) membuat kode data dan mencari serta menemukan pola/hubungan. \r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat lima bentuk pola-pola interaksi nonverbal di SMA Purworejo, antara lain: (a) pola sangat kecil (SK), dengan tingkat persentase kemunculan di kelas sekitar 19%; (b) pola kecil (K), tingkat persentase kemunculan di kelas adalah 28%; (c) pola sedang (S), dengan tingkat persentase kemunculan di kelas adalah 15%; (d) pola besar (B), dengan tingkat persentase kemunculan di kelas adalah 23%; dan (e) pola sangat besar (SB) dengan tingkat persentase kemunculan di kelas adalah 15%. (2) Terdapat 5 fungsi bentuk pola-pola interaksi nonverbal, yaitu: (a) mengulang, (b) melengkapi, (c) mengganti, (d) menguatkan dan menengahi, dan (e) mengatur. (3) Terdapat satu efek pola-pola interaksi nonverbal terhadap atmosfer kelas adalah terbentuknya efek positif, yakni: (a) pola sangat kecil (SK) yang membentuk efek positif yaitu suasana kelas menyenangkan & penuh perhatian; (b) pola kecil (K) membentuk efek positif, yaitu suasana kelas akrab; (c) pola sedang (S) membentuk efek positif, yaitu suasana kelas menyenangkan; (d) pola besar (B) membentuk efek positif, yaitu suasana kelas ceria; e) pola sangat besar (SB) membentuk efek positif, yaitu suasana kelas penuh perhatian."^^ . "2015-10-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Ambaryani"^^ . "Ambaryani"^^ . "Ambaryani Ambaryani"^^ . . . . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Text)"^^ . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Other)"^^ . . . . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Other)"^^ . . . . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Other)"^^ . . . . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Other)"^^ . . . . . . "Pola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28271 \n\nPola-Pola Interaksi Nonverbal di SMA Purworejo dan Efeknya pada Pembelajaran Bahasa Inggris\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Inggris"@en . .