%0 Thesis %9 S1 %A Tri Astuti, Nawang Sari %B PLB %D 2015 %F UNY:28228 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DOT CARDS PADA ANAK AUTIS KELAS I DI SLB MUHAMMADIYAH GAMPING %U http://eprints.uny.ac.id/28228/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan menggunakan media dot cards pada anak autis kelas I di SLB Muhammadiyah Gamping. Penelitian ini merupakan penilitian tinadakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah dua siswa autis kelas I di SLB Muhammadiyah Gamping. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung yang meliputi mengenal bilangan bentuk lisan, mengenal dan membaca bilangan, mengurutkan lambang bilangan dan membilang. Tempat penelitian di SLB Muhammadiyah Gamping. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan tes kemampuan berhitung, observasi dan wawancara. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data yakni deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dot cards dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa autis kelas I SDLB di SLB Muhammadiyah Gamping. Peningkatan pada siklus I yaitu subyek 1 sebesar 26,67%; subyek 2 sebesar 20%. Peningkatan siklus II yaitu subyek 1 sebesar 43,33%, , subyek 2 sebesar 40%,. Peningkatan tersebut diperoleh dengan memberikan waktu yang lebih banyak untuk praktek, pemberian reward dan motivasi, pendampingan khusus kepada subyek yang belum mencapai kriteria keberhasilan serta memberikan kesempatan lebih banyak untuk berhitung menggunakan media dot cards. Hasil siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 65%.