@phdthesis{UNY28195, school = {Fakultas Ekonomi}, year = {2015}, month = {July}, title = {THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TO IMPROVE STUDENTS? MOTIVATION AND LEARNING ACTIVITIES IN ACCOUNTING CLASS OF XI AK 2 SMK N 1 KLATEN ACADEMIC YEAR OF 2014/ 2015}, author = {Yusuf Yusuf Wicaksono}, abstract = {Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI AK 2 SMK N 1 Klaten tahun ajaran 2014/ 2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator pencapaian dari penelitian ini adalah ketika skor motivasi belajar dan aktivitas belajar siswa mencapai 75\%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK N 1 Klaten tahun ajaran 2014/ 2015. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan adanya peningkatan skor motivasi belajar siswa sebesar 16.21\% dan skor aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 16.50\%. Begitu pula dengan hasil angket yang menunjukkan adanya peningkatan skor motivasi belajar siswa sebesar 13.51\% dan skor aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 13.54\%. Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD).}, keywords = {Motivasi Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD)}, url = {http://eprints.uny.ac.id/28195/} }