%0 Thesis %9 S1 %A Pramono, Wisnu Dwi %B Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2015 %F UNY:28183 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGEMBANGAN MATERI AJAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK POKOK BAHASAN MEDAN MAGNET %U http://eprints.uny.ac.id/28183/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan materi ajar dengan model PjBL berbasis website, 2) mengetahui respon siswa terhadap materi ajar dengan model PjBL berbasis website. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik MAN Godean. Objek penelitian adalah materi ajar berbasis website dengan model PjBL untuk materi medan magnet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang desainnya diadaptasi dari model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan dan menetapkan kebutuhan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tahap design dilakukan persiapan media pembelajaran yang dikembangkan. Tahap develop Pada tahap ini media pembelajaran dikembangkan dan divalidasi oleh validator. Validasi dilakukan oleh dosen ahli dan guru fisika serta dilakukan uji terbatas dan uji lapangan masing-masing pada 5 dan 30 peserta didik MAN Godean. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada uraian saran dan skor validator terhadap media pembelajaran berbasis website serta analisis deskriptif terhadap angket penilaian respon peserta didik. Hasil penelitian ditinjau dari skor validasi ahli menunjukkan bahwa materi ajar berbasis website (medanmagnet.com) yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran fisika di SMA. Skor validasi ahli sebesar 4,02 yang termasuk kategori baik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran website adalah baik ditinjau dari skor respon peserta didik sebesar 4,13. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Website, Project Based Learning (PjBL), Medan Magnet