relation: http://eprints.uny.ac.id/28115/
title: Pengembangan LKPD IPA Tema Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik SMP
creator: Hayudinna, Hafizah ghany
subject: Pasca Sarjana
description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD IPA tema pencemaran lingkungan untuk pembelajaran IPA di SMP, dan (2) keefektifan LKPD IPA tema pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peserta didik   Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan adaptasi model Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba terbatas, dan (7) uji coba lebih luas. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Pekalongan yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validasi kualitas LKPD, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi sikap peduli lingkungan, angket sikap peduli lingkungan dan lembar soal. Analisis data menggunakan uji statistik multivariat dengan taraf signifikansi 5% untuk menganalisis perbedaan rata-rata logit skor keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol.  Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) LKPD IPA tema pencemaran lingkungan layak digunakan dalam pembelajaran IPA SMP dengan kriteria sangat baik untuk aspek didaktik, konstruksi dan teknis, dan (2) penggunaan LKPD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peserta didik secara signifikan.
date: 2015
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/28115/1/abstrak-hafizah-ghany-hayudinna.pdf
identifier:   Hayudinna, Hafizah ghany  (2015) Pengembangan LKPD IPA Tema Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik SMP.  S2 thesis, UNY.