TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/28095/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan penaksiran harga barang yang dibeli penaksiran harga barang yang dibeli pada siswa autis kelas VIII SMPLB di SLB Citra Mulia Mandiri. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan jenis penelitian single subject research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPLB di SLB Citra Mulia Mandiri bernama AR. Waktu penelitian adalah sejak tanggal 19 Mei 2015 sampai tanggal 10 Juni 2015. Intervensi yang diberikan pada subjek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode karyawisata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penaksiran harga barang yang dibeli. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif yang kemudian dianalisis berdasarkan analisis dalam kondisi dan antarkondisi dengan penyajian data melalui grafik garis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline-1, mean level sebesar 55 dan pada fase baseline-2, mean level sebesar 97,5, Terdapat kenaikan sebesar 42,5 yang memiliki arti bahwa kemampuan penaksiran harga barang yang dijual atau dibeli mengalami perubahan yang lebih baik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data overlap pada kondisi baseline-1 dengan intervensi sebesar 0%. Begitu juga dengan data overlap pada saat intervensi ke fase baseline-2, persentasenya hanya sebesar 0%. Data tersebut mengindikasikan bahwa intervensi yang dilakukan menggunakan metode karyawisata memiliki efektivitas untuk meningkatkan kemampuan penaksiran harga barang yang dibeli pada anak autis. M1 - skripsi AV - restricted A1 - Putri, Hana Aqmaria PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - EFEKTIVITAS METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PENAKSIRAN HARGA BARANG YANG DIBELI PADA SISWA AUTIS KELAS VIII SMPLB DI SLB CITRA MULIA MANDIRI Y1 - 2015/10/25/ ID - UNY28095 ER -