%0 Thesis %9 D3 %A Nugroho, Moh. Amin %B D3 pemasaran %D 2015 %F UNY:28070 %I Fakultas Ekonomi %T ANALISIS SWOT PADA RSUD SARAS HUSADA PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/28070/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan berdasarkan analisis SWOT pada RSUD Saras Husada Purworejo. (2) Untuk mengetahui adanya peluang dan ancaman berdasarkan analisis SWOT pada RSUD Saras Husada Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan langsung pada RSUD Saras Husada Purworejo. Data yang diambil selama 2 bulan dengan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan kepala bidang Administrasi dan Humas RSUD Saras Husada Purworejo, dengan data yang diperlukan untuk penelitian dan teknik observasi dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan pencatatan dengan meninjau langsung terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal pada RSUD Saras Husada Purworejo. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis SWOT menyebutkan bahwa RSUD Saras Husada Purworejo sudah mampu bersaing dipasar persaingan yang kompetitif. Berdasar analisis SWOT, RSUD Saras Husada Purworejo dapatmemanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta meminimalkan kelemahan danan caman. Strategi yang dapat dilakukan terdiri dari : (1) Strategi SO (Strength Opportunities) meliputi pangsa pasar, memperkuat kerjasama dengan lembagalembaga penyelenggara jasa kesehatan dan pemerintah. (2) Strategi WO (Weakness Opportunities) yakni meningkatkan loyalitas konsumen dan meningkatkan kualitas produk serta memperbaiki prosedur pelayanan. (3) Strategi ST (Strength Treats) terdiri dari menjalin kerjasama dengan rumah sakit lain, menetapkan target pasar, dan meningkatkan kualitas pelayanan. (4) Strategi WT (Weakness Treats) yaitu meningkatkan promosi melalui berbagai media dan menetapkan kualitas pelayanan terhadap pengguna program Jamkemas atau BPJS.