TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran dengan Powerpoint pada mata pelajaran menggambar teknik dasar Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2010/2011; (2) mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran dengan Powerpoint ditinjau dari aspek isi, aspek pembelajaran dan aspek media pada mata pelajaran menggambar teknik dasar Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2010/2011; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan media pembelajaran dengan Powerpoint pada mata pelajaran menggambar teknik dasar Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subyek ujicoba atau responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 42 orang dengan rincian 1 orang untuk validasi materi menggambar teknik dasar, 1 orang untuk validasi kebenaran konsep media pembelajaran, 5 siswa untuk ujicoba perorangan, 10 siswa untuk ujicoba kelompok kecil dan 25 siswa untuk ujicoba lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang akan dikonversi menjadi data kualitatif. Data tersebut memberikan gambaran tentang kualitas materi pembelajaran, kualitas strategi pembelajaran dan kualitas teknis dari media pembelajaran menggambar teknik dasar berbasis komputer. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran dengan Powerpoint pada mata pelajaran menggambar teknik dasar sudah berhasil dikembangkan melalui tahap-tahap mendesain, memproduksi, evaluasi dan revisi; (2) kualitas produk media pembelajaran menggambar teknik dasar secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah total rerata 3,76 sehingga layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar alternatif yang dapat membantu memecahkan masalah belajar menggambar teknik dasar; (3) adanya peningkatan pemahaman belajar siswa, ditunjukkan oleh hasil belajar mereka dengan rerata pre-test 54,8 dan post-test 79,9 (meningkat 25,1%); dan (4) media pembelajaran dengan Powerpoint ini dapat dikatakan efektif karena tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 90% dari standar yang sudah ditentukan yaitu 70%. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/2805/ ID - UNY2805 Y1 - 2011/08/25/ A1 - ANDRI, KURNIAWAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 PB - UNY AV - public ER -